PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Materi Pertemuan 1 (Senin,26 Februari 2024)
Dosen Pengampuh Mata Kuliah Stanislaus Hermaditoyo M.pd.
Dokumen penjelasan materi perencanaan pembelajaran
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1.Pengertian Perencanaan Pembelajaran
a. Dari terminologi,terdiri dari 2 kata perencanaan dan pembelajaran.
b.Perencanaan dari kata rencana,yaitu pengambilan keputusan tentang apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan.
c. Ely (1979) perencanaan pada dasarnya suatu proses dan cara berfikir yang dapat membantu menciptakan hasil yang diharapkan.
2. Adanya Tujuan yang harus dicapai dalam perencanaan pembelajaran
a. Adanya strategi yang harus dicapai
b. Adanya strategi untuk mencapai tujuan
c. Sumber daya yang dapat mendukung
d. Implementasi setiap keputusan.
3. Upaya dilakukan untuk memperbaiki kualitas
pembelajaran
a. Perbaiki Kualitas Pembelajaran
b. Pembelajaran dirancang dengan pendekatan sistem.
c. Desain pembelajaran mengacu pada bagaimana seseorang belajar.
d. Desain pembelajaran diacukan pada siswa perorangan.
e. Desain pembelajaran harus diacukan apda tujuan.
f.Desain pembelajaran diarahkan pada kemudahan belajar.
4. Karakteristik Perencanaan Pembelajaran.
a.Perencanaan Pembelajaran merupakan hasil dari proses berfikir.
b. Perencanaan pembelajaran disusun untuk mengubah perilaku siswa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
c.Perencanaan Pembelajaran
5.Pentingnya perencanaan pembelajaran Deshimer (1990).
a.Hakikat manusia manusia yang memiliki kemampuan dan pilihan untuk berkreasi sesuai dengan pandangannya.
b. Setiap manusia hidup dalam kelompok yang saling berhubungan.
c. Siklus Perencanaan (Robert Yingle)
6. Fungsi Perencanaan Pembelajaran
a. Fungsi Kreatif
b. Fungsi Inovatif
c. Fungsi Selektif
d. Fungsi Komunikatif
e. Fungsi Prediktif
f. Fungsi Akurasi
g. Fungsi Pencapaian tujuan
h. Fungsi Kontrol
7. Faktor yang mempengaruhi perencanaan pembelajaran
a. Guru
Peran guru yang kreatif dan inovatif sangat mempengaruhi perencanaan pembelajaran.
b. Siswa
Kebutuhan
c. Sumber belajar
8. Kriteria Penyusunan Perencanaan Pembelajaran
a. Signivikansi
b. Relevan
c. Kepastian
d. Adaptabilitas
e. Kesederhanaan
f. Predektif
9. Asumsi
a. Perencanaan pembelajaran pada umumnya dibuat atas asumsi bahwa perencanaan yang baik akan membawa hasil yang baik pula.
b. Dikembangkam sebagai salah satu untuk memperbaiki pengajaran.
10. Langkah-langkah perencanaan pembelajaran.
a. Anaslisis Kebutuhan
b. Perencanaan
c. Pelaksanaan
e. Evaluasi
Komentar
Posting Komentar